Minggu, 27 Februari 2011

Hakikat Dan Penggunaan Akuntansi


Definisi akuntanis secara umum adalah proses pengidentifikasisan, pengukuran, pengomunikasian informasi ekonomi sehingga memungkinkan adanya pertimbangan dan pengambilan keputusan berdasarkan informasi oleh para pengguna informasi tersebut. Definisi ini menjelaskan akintansi sebagai seni atau suatu aktifitas jasa dan megartikan bahwa akuntansi meliputi beragam teknik yang beruna untuk bidang bidang tertentu. Peran  dari akuntansi adalah untuk memberikan informasi mengenai prilaku ekonomi yang diakibatkan oleh aktivitas-aktivitas perusahaan dalam lingkungannya. Sifat akuntansi mencakup semua nilai kejujuran, memiulik kepedulian terhada status ekonomi pihak lain, sensitif terhadap nilai kerjasama dan konflik, komunikatif, dan penyebaran informasi ekonomi. Kendala yang sering dihadpi oleh akuntan adalah berupa dominasi dari imbalan eksternal, kekuatan institusi yang merusak dan kegagalan membedakan sifat baik dengan hukum yang semuanya itu dapat merusak integritas dan transparasi dari akuntan itu sendiri.
Secara umum akuntansi dianggap sebagai salah satu alat pengukuran sekaligus suatu disiplin komunikasi.  Terdapat beberapa jenis ukuran yang digunakan dalam akuntansi, 1) ukuran langsung dan tidak langsung, ukuran langssung adalah ukuran nyata yang dimiliki obejek tersebut, tidak langsung adalah mengambil suatu sampael dari data yangada. 2) dimensi waktu pengambilan keputusan, 3) ukuran masa lampau, masa kini dan masa depan, 4) pengukuran fundamental : dimana suatu angka dapat diberikan kepada suatu sifat berdasarkan refrensinya, pengukuran turunan. Setiap pengukuran juga menggunakan skala sperti ; skala nominal, skala ordinal, skala interval dan skala rasio.
Para akuntan akan menemukakn bahwa meraka mengerjakan tugas sehari-hari di suatu lingkungan yang dikelola oleh suatu kumpulan aturan, prinsip dan praktek kmplek. Dalam mengerjakan tugas-tugas mereka, mereka diminta untuk melakukan suatu peran tetentu. Dalam memainkan peran tersebut akntan diahadapkan pada hukum dan aturan formal dalam berprilaku dan juga unsur moral yang diciptakan oleh situasi tetentu.
Elemen pertama dari konflik di zaman baru adalah munculnya perbedaan kelas baru diantara para akuntn. Pertumbuhan akuntan ini mengikuti kebutuhan akan teknologi akuntansi uang lebih maju danlam menghadapi persyaratan dari perlengkapan produksi yang lebih canggih.
Kecurangan dalam akuntansi sering dijumpai, hal ini terjadi demi kepentingan perusahaan ataupun demi kepentingn indiviu  atau golongan. Kecurangan korporat pada umumnya dilakukan pejabat, eksekutif, dan/atau manajer pusat  laba dari perubahan public untuk memenuhi kebutuhan ekonomi jangka pendek mereka. Kecurangan dalam pelaporan keuangan dalah perlakuan yang disengaja atau semberono, baik tindakan atau penghilangan, yang menghaslkan laporan keuangan secara material menyesatkan. Kejahatan kerah putih adalah suatu kejahatan yang dilakukan oleh orang yang terhormat dengan status social kelas atsa dalam melaksanakn pekerjaannya, ada juga yang mendefinisika sebgai suatu tindakan yang illegal yang terjadi diantara para professional dan usahawan. Para penjahat kerah putih tersebut dimotovasi oleh norma-norma social, diterima dan didorong oleh kelompok-kelompok yang secara tidak langsung mmberikan dukungannya pada aktivits illegal. Kegagalan audit, meskipun kecurangan manajemen dan kegagalan bisinis dapat memainkan peranan yang penting dalam kegagalan audit, terdapat alasan lain terjadinya hal tersebut, seperti; kesalah atas interpretasi pirinsip akuntansi yang berlaku umum dan kesalah intepretasi standar audit yang berlaku umum dan kesalah  yang berpusat pada kecurangan auditor.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Modern Warfare 3